2/19/15

Kisah Inspirasi dari guru ngaji



Kisah ini merupakan kisah nyata dari seorang guru ngaji, saat saya bertemu dan berbincang langsung dengan beliau ,kisah dimulai saat saya diajak oleh teman saya untuk silaturahmi ke rumah teman kuliahnya yang tinggal di daerah Tanah Abang. Setelah sampai di rumahnya dan berkenalan dengan beliau, kami ngobrol  panjang lebar sampai menjelang   waktu ashar. Ada satu cerita sangat menarik dari kisah perjalanan hidupnya yang insyaallah bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Yang saya tulis disini nantinya  mungkin ada sedikit modifikasi dan perubahan karena kekhilafan dan kealfaan saya yang tidak mungkin bisa mengingat setiap kata yang beliau ucapkan.
Beliau bernama Kholis, merupakan guru ngaji di daerah Tanah abang (tepatnya kurang tahu). Sebagai tempat untuk mengajar murid-murid, Kholis mengontrak sebuah rumah untuk dijadikan sarana mengajar. Pada suat saat sang pemilik rumah mendatangi Kholis dan mengatakan bahwa rumah yang ditempati sekarang mau dijual karena si punya rumah sedang memerlukan uang. Ada dua pilihan yang diberikan pada Kholis saat itu, Kholis membeli rumah tersebut dengan harga Rp. 150.000.000-(seratus lima puluh juta rupiah)  atau keluar dari rumah tersebut.
Kondisi saat itu sungguh sangat menjadi dilema buat Kholis, karena kedua pilihan tersebut sangat berat baginya. Apabila dia tetap tinggal di rumah itu berarti dia harus membeli rumah itu seharga yang menurut dia sangat besar, jangankan uang dengan jumlah ratusan juta, puluhan juta saja Kholis tidak pernah punya.  Namun apabila dia keluar dari rumah tersebut, maka yang jadi korban adalah para murid Kholis. Para murid pastinya akan terbengkalai dalam menuntut ilmu agama. Kedua pilihan tersebut sungguh sulit untuk memilih salah satunya.
Belum hilang rasa bingung Kholis, beberapa hari kemudian (kalau tidak salah 2 hari kemudian) yang punya rumah datang lagi dan menanyakan pada Kholis, mau membeli rumah tersebut atau keluar dari rumah tersebut. Dan harga bukan lagi seratus lima puluh juta, tapi naik  menjadi Rp. 170.000.000,-(seratus tujuh puluh juta rupiah). Dan berselang beberapa hari berikutnya sekitar seminggu setelah pemberitahuan yang pertama, si punya rumah menaikkan harga rumah lagi menjadi Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).
Rasa bimbang dan bingungpun makin besar dalam dada Kholis, akhirnya dengan niat ikhlas demi amanah Allah untuk menjaga para murid Kholis agar tetap bisa menimba ilmu, Kholis putuskan untuk membeli rumah tersebut. Dengan niat karena Allah dan berserah diri kepada Nya, Kholis bertekad akan berusaha untuk mendapatkan uang sebesar harga rumah tersebut. Dan secara rutin Kholis sholat tahajud meminta kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menghadapi ujian ini.
Sebagai langkah pertama Kholis menggadaikan tanahnya yang berada di Jakarta Utara. Dari gadai tanah tersebut Kholis mendapatkan uang sebesar Rp.50.000.000,-(lima puluh juta rupiah). Berarti Kholis masih harus berusaha untuk mendapatkan uang kekurangannya.  Keesokan harinya Kholis membuat daftar orang-orang yang menurut dia mungkin bisa memberikan pinjaman uang.  Ini merupakan hal yang baru dalam kehidupan Kholis, karena Kholis tidak terbiasa minta pinjaman kepada orang lain. Namun demi membeli rumah tersebut agar murid-muridnya bisa tetap menimba ilmu di rumah itu maka Kholis kuatkan mental dan membuang rasa malu itu.
Kholispun mendatangi rumah orang-orang  di daftar  yang dia tulis. Setelah bebera orang yang Kholis datangi belu juga ada yang  bisa memberikan pinjaman karena tidak punya uang sebesar itu. Ada juga yang mengira kalau Kholis ingin meminjam uang sebesar 150 ribu rupiah, dan dia terkejut saat Kholis bilang bukan 150 ribu, tapi 150 juta. Rasa putus asapun menghinggapi hati Kholis, tapi Kholis tetap yakin bahwa Allah akan menolong. Sholat malampun semakin rutin Kholis laksanakan, semua ia serahkan pada Allah SWT dengan tetap melakukan ihktiar semampunya.
Singkat cerita, tiba saatnya Kholis mendatangi salah satu orang yang ada di daftar yang mungkin bisa memberikan pinjaman. Setelah Kholis tiba dirumahnya dan  menyatakan maksud dan tujuan datang ke rumah tersebut. Orang itupun menjawab bahwa dia tidak punya uang cash  sebesar itu.  Semakin bingunglah Kholis, karena orang ini yang sangat diharapkan bisa menjadi sarana Allah untuk membantu Kholis. Tapi setelah beberapa saat orang tersebut mengatakan bahwa dia tidak punya uang, orang tersebut berkata lagi bahwa dia tidak punya kalau uang cash, tapi kalau emas dia punya. Alhamdulillah, Kholis sangat bersyukur kepada Allah karena akhirnya ada kemudahan dalam kesulitan ini.
Kholispun menerima emas yang berupa batang tersebut sebagai pinjaman, tapi orang yang punya emas tersebut pun tidak memberikan penekanan agar Kholis  harus  mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu. Semua terserah Kholis kapanpun  mampu dan punya uang untuk mengembalikan pinjaman tersebut, yang punya emas tidak akan mempermasalahkan. Yang terpenting Kholis bisa membeli rumah dan menyelamatkan pada murid nya.
Setelah menerima emas tersebut Kholis segera menggadaikannya (saya lupa dimana Kholis menggadaikan emas tersebut). Dan Alhamdulillah dari gadai emas itu Kholis menerima uang sebesar Rp.150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah). Ini semua berkat pertolongan Allah yang memberikan kemudahan dan jalan bagi permasalahan yang Kholis hadapi. Dengan hati yang lega Kholispun pulang ke rumah dan mendatangi si punya rumah untuk memberikan kepastian bahwa Kholis akan membeli rumah tersebut. Setelah Kholis  tiba di tempat si punya rumah, Kholispun mengatakan bahwa dia akan membeli rumah tersebut dan memberikan uang muka sebagai kepastian, dan sisanya akan diberikan saat semua surat dengan atas nama Kholis sudah selesai.
Singkat cerita, akhirnya surat rumahpun selesai dan Kholis menjadi pemilik sah rumah tersebut. Diapun tidak lupa mengucapkan syukur kepada Allah, akhirnya setelah sekian lama tinggal di Jakarta Dia baru kali ini punya rumah. Dengan semangat Dia merapikan rumah tersebut dan setiap pulang kerja dia mengecat ulang tembok rumah tersebut bahkan sampai tengah malam.
Waktupun berlalu setelah Kholis menempati rumah tersebut sebagai pemilik yang sah. Beberapa  bulan kemudian (tepatnya saya juga lupa berapa bulan) terjadi peristiwa yang mungkin diluar perkiraan dan pemikiran Kholis. Ternyata di sekitar rumah tersebut ada kantor perusahaan air minum dalam kemasan yang merupakan salah satu perusahaan air minum terbesar di Indonesia. kebetulan kantor perusahaan tersebut kekurangan lahan untuk area parkir. Jadi mereka harus melakukan perluasan area parkir dan membeli tanah untuk keperluan tersebut. Sudah menjadi kehendak Allah, rumah yang sekarang menjadi milik Kholis merupakan salah satu area perluasan tersebut.
Setelah negosiasi perusahaan dengan Kholis dan warga lain yang rumahnya juga menjadi target dari perluasan tersebut, tercapai kesepakatan bahwa perusahaan akan membeli rumah Kholis dengan harga Rp. 700.000.000,-(tujuh ratus juta rupiah). Subhanallah, dari harga Rp.200.000.000,-  dia membeli rumah tersebut, sekarang rumah itu di beli oleh perusahaan air minum dalam kemasan dengan harga Rp.700.000.000,-. Alhamdulillah dari kejadian tersebut Kholis bisa  membayar hutang berupa emas, dan juga bisa membayar tanah yang Kholis gadai.
Sekarang Kholis telah membeli rumah lagi masih di daerah Tanah abang dan tetap mengajar ngaji. Bahkan muridnya sekarang bertambah banyak, dan rumah yang sekarang dia tempati mempunyai usaha laundry meneruskan usaha si pemilik rumah sebelumnya.
Semoga kisah tersebut bisa menjadi pelajaran dan inspirasi buat kita agar senantiasa menjalani kehidupan ini dengan penuh keikhlasan dan menyerahkan segala urusan kepada Allah dengan menjadikan Sholat dan sabar sebagai penolong.

7 comments:

  1. Halo semuanya
    Saya MRS GRACE MORGAN.
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Pinjaman Investasi" deals
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat-Anda masalah sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau biaya dari perusahaan kami.

    Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    ReplyDelete
  2. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Whatsapp: +19147057484
    rikaandersonloancompany@gmail.com

    Kesaksian: Merpati Darma
    kota Depok di Indonesia
    BRI- Rp350.000.000 juta
    merpatidarma@gmail.com

    Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

    Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya tertipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

    Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan saya juga menghubungi Farah Agungs di email farahagungs@gmail.com, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

    Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

    ReplyDelete
  3. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  4. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!

    Kesaksian: Merpati Darma
    Alamat: Kota Depok di Indonesia
    BRI- Rp350.000.000 juta
    merpatidarma@gmail.com

    LENDER: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

    Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya tertipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

    Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan saya juga menghubungi Farah Agungs di email farahagungs@gmail.com, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

    Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!

    Kesaksian: Merpati Darma
    Alamat: Kota Depok di Indonesia
    BRI- Rp350.000.000 juta
    merpatidarma@gmail.com

    LENDER: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

    Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya tertipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

    Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan saya juga menghubungi Farah Agungs di email farahagungs@gmail.com, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

    Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  6. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete