9/16/15

Cara merezise file image dengan laravel

Rabu, 16 September 2015.

Seperti biasa di kantor saya selalu berhadapan dengan coding dan coding, sangat nikmat rasanya ketika di depan komputer sambil ngoding. saat ini saya mendapatkan tugas membuat sebuah Web system base PHP. dalam pembuatan system tersebut saya menggunakan Framework PHP Laravel 4.
dalam system tersebut diharuskan ada sebuah upload file dan di rezise.
ketika membuat fungsi upload file tidak ada masalah, dan masalah timbul ketika akan merezise file image tersebut.
langsung saja biar gak lama ya.
permasalahan pertama yang muncul ternyata untuk merezise sebuah file image maka di laravel itu harus ada class "Intervention/image" yang tidak include ketika saya download laravel. maka saya coba menggunakan composer untuk update laravel, setelah coba melakukan update ternyata ada masalah dengan composernya. karena saya malas otak atik composer akhirnya saya coba googling untuk download manual, setelah googling dapatlah saya di di sini.
setelah selesai di download selanjutnya file tersebut di ekstrak.. boleh dimana saja.
setelah selesai di ekstrak saya  buka folder hasil ekstrak tadi dan memindahkan folder "Intervention" yang ada di dalam folder "src" ke dalam folder "vendor\laravel\framework\src'  yang ada didalam system..
lanjut yaaaa....

setelah di ekstak bingung deh mau ngapain lagi... akhirnya pake jurus googling lagi deh. setelah dapet berikut langkahnya :

- buka file app.php yang ada di folder "app/config"
dan tambahkan pada bagian 'providers'  kode berikut
'Intervention\Image\ImageServiceProvider'

kemudian tambahkan juga pada bagian alias kode berikut
'Image' => 'Intervention\Image\Facades\Image'

langsung saya coba lagi yaaaa.
dan inilah yang terjadi


















haddeeeh pusing dah... ternyata class Intervention tidak otomatis terdeteksi sama laravel.. maka harus otak atik lagi deh..
setelah otak atik dan banyak eror akhirnya ada cara yang bener.
yaitu mendeklarasi(istilah apa lagi nih) pokoknya intinya memasukkan class atau istilah gampangnya folder Intervention tadi agar bisa ditemukan oleh laravel. cara memasukkannya adalah dengan membuka file "autoloadnamespaces.php" yang ada di folder "vendor/composer". kemudian masukkan tuh di bagian array nya. 'Intervention' => array($vendorDir . '/laravel/framework/src'),
jangan lupa di save ya..
langsung coba lagi fungsi upload file dengan rezise.. akhirnyaaaaaaaaaaaaa
berhasil... berhasil.... berhasillllll

bagi teman temin yang pernah menghadapi masalah yang sama. bisa dicoba yaa..
untuk tutorial lengkapnya bisa dibaca di sini

semoga dapat membantu..



No comments:

Post a Comment