10/14/11

Memulai Usaha


Tanggal 14 Oktober 2011 jam 1 siang saya menerima sebuah email dari Mbak Dewi Nur Jannah(saya juga gak kenal sih sama beliau :D), dan email ini dikirim ke sekitar 20 alamat email, termasuk saya. isinya tentang memulai sebuah usaha atau bisnis.. berikut isinya : (email Pengirim dan penerima serta cc tidak saya tampilkan)

Halo,
Apa kabar?
Saya mau sharing nih, mungkin kita punya pemikiran yang sama.
Sudah lama saya ingin punya usaha sendiri daripada hanya bekerja seperti sekarang. Tapi masalahnya kan sulit untuk merintis usaha saat ini, faktor utamanya modal, cari pinjaman ke Bank juga penuh resiko. Iya kalau kita berhasil, kalau nggak? Wah repot.
Saya lalu mencoba melihat hal lain yang bisa dijadikan alternatif usaha. Sampai saya mendapatkan informasi tentang internet bisnis.
Sangat membingungkan pada awalnya karena banyak sekali macamnya dan biayanya pun beragam.
Dua hari yang lalu saya menemukan satu yang sangat berbeda dan setelah saya baca serta analisa sangat realistis untuk dijadikan usaha sendiri.
Yang membuat saya tertarik adalah bahwa untuk bergabung dan menjalankannya tidak perlu modal besar. Dan kita mendapatkan segala hal yang dibutuhkan agar kita bisa sukses.
Bagaimana menurutmu?
Saya sudah bergabung dan mulai menjalankannya.
Makanya saya berani kontak kamu siapa tau kamu tertarik.
Ok segitu dulu, kalau ingin lebih jelas lagi kontak saya kapan saja.


Salam,
Dewi NJ



dan sayapun tertarik untuk membahas masalah ini, sayapun membalas email beliau, dan berikut email balasan saya :

Halo semoga kabar baik...
Menarik sekali kalau bicara tentang bisnis sedangkan kita masih bekerja, saya pribadi sekarang masih bekerja dan mempunyai bisnis dan saya masih bisa handle bisnis tersebut dari kantor...
menanggpi dari mbk Nur Jannah , sy tertarik dengan ungkapan td kalau mau mulai usaha faktor utama kendalanya adalah modal..
saya pernah mengikuti seminar tentang wira usaha.. dan ketika ditanya oleh pembicara kendala apa untuk mulai usaha.. ada seorang ibu2 yg menjawab "Modal" :
dan pembicara kemudian bertanya lagi :
Pembicara : berapa modal yg mbak butuhkan ?
Ibu :( Dengan bingung menjawab) berapa ya?? belum tau pak?
Pembicara : ok.. kalau saya kasih modal sekarang ibu mau buka usaha apa?
Ibu : waduh, belum kepikiran pak..

dari sini kita bisa menilai mental dari ibu ini, dan ini kadang juga terjadi pada kita.. ini adalah langkah yg salah dalam memulai suatu bisnis.. karena apa?
karena ibu ini masih menggunakan OTAK KIRI.. artinya masih banyak fikir.. padahal sebenarnya dalam bisnis yg harus kita dahulukan adalah OTAK KANAN, artinya keberanian untuk memulai.
ok.. ada pertanyaan : tapi kan kita harus menganalisa resiko?
itu betullll !!! tapai apakah yang kita pikirkan itu adalah suatu resiko?.. bukan !!!! ketakutan kita tentang hal yg kadang kita pikirkan tersebut bukan sebuah resiko, itu adalah sebuah pikiran negatif kita tentang masa depan yg belum terjadi.. kita takut rugi, takut bisnis sepi dll. padahal mulai saja kita belum. jangan pernah menghukum masa depan kita dengan pikiran negatif kita sendiri
seperti ibu2 yg di atas tadi, karena dia hanya terfokus dengan modal, maka yang ada adalah ketakutan dalam dirinya untuk memulai.. padahal berapa modal yg dia butuhkan saja dia gak tau, usaha yg mau dibuka saja dia masih bingung, mungkin ini jg terjadi pada kita.. seandainya kita ada uang 100 juta saat ini juga secara tiba2.. mungkin kita masih bingung mau usaha apa.
jadi faktor utama sebenarnya adalah bukan pada modal, tapi kemauan dan keberanian kita untuk Action, karena dengan action itulah akan menimbulkan suatu Problem, problem timbul tentunya kita akan melakukan sebuah Evaluasi, Evaluasi akan menghasilkan sebuah Solusi, solusi di dapat kita akan melakukan action lagi, timbul Problem lagi, Evaluasi lg dst (ACTION - PROBLEM - EVALUATION - SOLUTION, inilah sebenarnya lingkaran dalam bisnis yang harus kita lewati)..
Jadi marilah kita pertama2 rubah mental kita, dari mental pekerja/ karyawan menjadi mental pengusaha, walaupun kita masih berstatus sebagai seorang karyawan. tapi mental itu harus ada dulu. Insyaallah kita akan menemukan jalan.
Mulailah bisnis maka kita akan menemukan ke ajaiban.

Mengenai Bisnis yg Mbak Nur jalankan yaitu tentang Internet bisnis, banyak sekali sebenarnya Internet bisnis yg sekarang muncul. tp kalau yg mbak maksuh adalah kita harus mengajak orang untuk bergabung. dan tidak ada produk sebenarnya yg harus di jual. itu adalah semacam Monet Game atau juga MLM (CMIIW). untuk awal sih bagus saja, untuk melatih mental bisnis kita. tapi sebenarnya bisnis seperti itu tidak ada prospek yg bagus. itu menurut saya.
Tp kalau Mbak Nur Bisnis Via Internet dengan memanfaatkan Internet sebagai media Untuk memperkenalkan Produk anda ke pengguna Internet, itu merupakan sebuah langkah yang bagus. contohnya anda membukan jual beli Pakaian, dan anda mempromosikannya melalui media Internet.

jadi pada intinya bisnis apapun itu pasti akan mendatangkan hasil, "Tidak ada yg salah dengan bisnis, yang salah adalah strategi dan cara kita dalam bisnis"
so, mari kita jadikan mental kita menjadi mental pengusaha, sehingga semakin banyak pengusaha di Negara kita, maka negara kita pasti akan maju..

Alhamdulillah dalam setahun saya menjalani bisnis, walau sambil kerja juga, saya banyak sekali mengalami kegagalan :D,. tp dari situ saya semakin banyak belajar dan semakin mengerti strategi bisnis

Salam
Agus susanto

No comments:

Post a Comment